Kualitas adalah sebuah nilai yang menunjukkan berharganya sebuah produk bagi perancang, pembuat, penikmat, bahkan pengamatnya. Seperti air yang sangat penting bagi tubuh manusia kualitas juga harus mengalir dalam darah perusahaan dari rambut sampai ujung kaki, bahkan kualitas juga memasuki ranah yang tidak semua orang mau dan mampu menghadapinya.
Ruang lingkup kualitas memang terkesan sangat luas dan mendalam, tidak hanya di sektor industri namun juga dalam bidang pelayanan dan jasa. Kegiatan kualitas dipraktekan oleh setiap orang dalam tugas dan fungsinya. Bisa juga dinyatakan bahwa usaha pemenuhan kualitas adalah usaha kita untuk menuju kesempurnaan.
Apakah kualitas itu ada batasnya?
Ya, kualitas itu terbatas. Kualitas terbatas pada kebutuhan pengguna. Namun kebutuhan pengguna ini semakin hari semakin naik senantiasa ditingkatkan dan semua pengguna menginginkan adanya kesempurnaan, maka bisa diartikan juga bahwa batas dari kualitas adalah kesempurnaan yang senantiasa terus disempurnakan.
Siapa yang bertanggung jawab terhadap kualitas?
Semua orang, dari operator, supervisor, pemimpin perusahaan bahkan pelanggan itu sendiri juga memiliki tanggung jawab terhadap terwujudnya kualitas yang dianggap baik. Kenapa seperti itu, penyebabnya adalah faktor pembangun, dan perusak kualitas itu telah muncul sejak produk atau jasa direncanakan, dibuat dan dinikmati manfaatnya.
Panglima Kualitas
Pada organisasi perusahaan yang utuh setidaknya terdapat satu jabatan yang menjadi panglima dari kualitas. Setiap perusahaan menamai jabatan ini dengan berbagai sebutan ada Quality Manager, QA Head, Kepala QA/QC, Quality Director dan lain sebagainya. Apapun namanya jabatan ini lah yang menjadi titik tengah koordinasi dan menjadi lokomotif terdepan yang membawa perusahaan menuju arah kualitas yang diinginkan.
Pada era industri 4.0 menuju ke 5.0 ini Panglima Qualitas selalu membawa senjata berupa Risk Management. Seperangkat senjata ini masuk diantaranya bukan hanya compliance pada peraturan dan spesifikasi pengguna, namun juga trend analisa, quality life cycle, management system, dan perangkat lain yang berguna untuk menentukan 5 hingga 10 langkah ke depan mencegah dan mengatasi terjadinya suatu deviasi kualitas.
Kemampuan memimpin dari Kepala Quality ini sangat menentukan bagaimana setiap komponen gerbong dapat searah menuju ke tujuan yang sama. Dalam Total Quality Management faktor kepemimpinan merupakan salah satu faktor penentu yang penting untuk dapat mengimplementasikan setiap policy dan strategi kualitas.
Bersiap,
Kekuatan Kepala Quality bukan hanya ada pada dirinya namun juga ada pada setiap insan yang bernaung dalam kendaraan yang sama. Distribusi tanggung jawab dan pemahaman akan kualitas sangat mutlak, jangan sampai ada bagian yang terlewat dari aliran air kualitas ini jika ingin perusahaan memiliki keunggulan bersaing.
Setiap karyawan, setiap pimpinan, setiap pemangku kepentingan turut andil bagian dalam membangun kualitas produk. Bersiaplah untuk menjadi pemenang dalam arena dengan memperjuangkan kualitas diatas kuantitas.
Hunuslah semangat untuk senantiasa terus menyempurnakan kualitas dengan perbaikan berkelanjutan.
Referensi:
www.asq.org American Society for Quality
www.ispe.org International Society for Pharmaceutical Engineering
www.iso.org/iso-9001-quality-management.html International Organization for Standardization
Komentar
Posting Komentar